Berita

Dongkrak Ekonomi Masyarakat SamKet dengan Pasar Senggol Celaket

Kegiatan Pasar Senggol Celaket (PSC), kolaborasi Kelurahan Samaan, Kelurahan Rampal Celaket (Ramket) dan segenap warga Samaan dan Rampal Celaket (SamKet) dalam rangka peningkatan UMKM dan Pelestarian budaya yang digelar pada hari Minggu 17 Juli 2022.

 

Hadir dalam giat tersebut Ketua TP PKK Kota Malang Hj. Widayati Sutiaji, Kepala Dinas Pariwisata dan Olah Raga, Ida Ayu Made Wahyuni SH, M.Si.,  Camat Klojen Drs. Heri Sunarko, M.Si beserta Ibu Camat, Ibu Dandim 0833 Ny. Heru Wibowo Sofa SH, Danramil Klojen Lettu Inf Miseri, Persit Candra Kirana Kodim 0833 Kota Malang, Lurah beserta Ibu Lurah se-Kecamatan Klojen, Ibu-ibu TP PKK se-Kecamatan Klojen.

 

Rangkaian kegiatan PSC ini pun diapresiasi Ketua TP PKK Kota Malang, Widayati Sutiaji yang secara resmi membuka pasar tersebut. Gelaran ini dimeriahkan pawai budaya oleh kaum hawa yang tergabung dalam komunitas cinta kebaya dan berbagai kesenian daerah. Menurutnya, semua pihak harus mendukung keberadaan pasar ini maupun pasar serupa. “Pelaku UMKM merupakan penyangga ekonomi nasional sehingga harus terus dikuatkan,” tambahnya.

 

Widayati Sutiaji juga berperan aktif untuk mewujudkan hal itu, terutama melalui dasawisma TP PKK mulai dari tingkat Kota, Kecamatan, Kelurahan, RW sampai tingkat RT. “Kita nantinya akan membuat produk UMKM yang berbasis dari dasa wisma. Dan dari Pasar Senggol Celaket ini nantinya akan terwujud ketangguhan ekonomi, kesehatan dan sosial budaya. Dengan bergotong-royong kami optimis hal itu akan terwujud,” tegas istri Wali Kota Malang itu.

 

Camat Klojen Heri Sunarko dalam sambutannya menyampaikan tiga komitmennya “Pertama penguatan kesehatan atau peningkatan kesehatan; yang kedua peningkatan ekonomi pasca pandemi; yang ketiga peningkatan infrastruktur hari ini kegiatan ini mengambil komitmen yang kedua peningkatan ekonomi” ujarnya.

 

“Sinergi antara Kelurahan samaan dan Rampal Ini adalah sebuah kegiatan yang sangat luar biasa sekali Harapan Kita kegiatan ini nanti akan menjadi trigger atau pemicu pertumbuhan ekonomi di Dua Kelurahan karena hidupnya bertetangga berarti harus ada komunikasi yang baik terima kasih Pak Lurah Samaan dan Bu Lurah Rampal Celaket” tambah Camat Klojen. (EMS)