PROGRAM KEGIATAN

MasTing (Makanan Sehat Anti Stunting) Kelurahan Samaan

STUNTING menjadi salah satu problem kesehatan yang masih menggejala di Indonesia. Masalah stunting bahkan menjadi perhatian khusus Kementerian Kesehatan lewat sejumlah kampanyenya. Di Kelurahan Samaan, upaya-upaya percepatan penurunann stunting terus digiatkan mengingat jumlah balita resiko stunting dan stunting tergolong tinggi di wilayah kerja PUSKESMAS Rampal Celaket @pkm_rampalcelaket . Upaya ini antara lain adalah :
– GeDer SamBal (Gerakan Kader Sambang Balita)
– GeROBaG SeHaTi (Gerakan Kader dan POKTAN Berbagi Sayur Sehat Bergizi Bagi Balita Stunting)
– GeThing DiLap (Gerakan Kader Thing Thing Tiang Jam Delapan Malam untuk Minum Tablet Tambah darah bagi Ibu Hamil dan Remaja Putri)
– GerDu AnTing (Gerakan Posyandu Anti Stunting)
– Klenting Donasi Samaan
– Gerakan Orang Tua Asuh
– MasTing (Makanan Sehat Anti Stunting)
Untuk Program MasTing, yaitu kegiatan pemberian makanan tambahan bagi 16 balita stunting dari 32 balita stunting yang belum pernah mendapatkan bantuan sama sekali dari OPD, akademisi maupun pihak terkait lainnya. Program ini dipelopori oleh Ketua TP. PKK Kelurahan Samaan @tp.pkk_kelurahan_samaan Ibu @weni_anang_setiawan yang merupakan kolaborasi antara Kader POSYANDU, PKK, Bidan dan Ahli Gizi PUSKESMAS Rampal Celaket, PLKB Bapak @diri_kadir dan jajaran Kelurahan Samaan yang dilaksanakan mulai tanggal 31 Mei 2023 yang sumber dana nya berasal dari Klenting Donasi warga Samaan dan Gerakan Orang Tua Asuh ASN Kelurahan Samaan.
Data Bulan Mei 2023, balita resiko stunting sejumlah 28 anak dan BALITA stunting sejumlah 4 anak, total 32 anak. Pada Bulan Juli 2023, BALITA resiko stunting sejumlah 18 anak dan BALITA stunting sejumlah 4 anak, total 22 anak. Dari data ini, setelah dilaksanakannya kegiatan pemberian MasTing, jumlah total BALITA stunting mengalami penurunan sebanyak 10 anak. Kegiatan ini akan sering dimonitoring dan dievaluasi agar ada peningkatan ke depannya baik dari segi pelaksanaan dan biaya sehingga terwujud cita-cita Samaan Bebas Stunting.

#samaanfuturevillage#kelsamaan_malangkota#kelurahansamaan#kelsamaan#kominfomalang#pemkotmalang

#samsutiaji#sofyanjarwoko#pemkotmalang#kemenkes#dinkeskotamalang#humaskotamalang#klojengayeng#stunting
https://www.instagram.com/reel/CwNmQF0pFhg/?igshid=MTc4MmM1YmI2Ng==